KOLEDOKOLITIASIS ADALAH PDF

penyumbatan saluran empedu pada common bile duct. kelainan pankreatobilier yang membutuhkan ektstraksi batu empedu dan pemasangan stent. Kata kunci: ERCP, ikterus, koledokolithiasis, tumor pankreatobilier. Penyebab dari koledokolitiasis bisa berupa adanya batu dari kandung empedu yang bermigrasi dan menyumbat duktus koledukus atau dapat.

Author: Shakajinn Majas
Country: Ecuador
Language: English (Spanish)
Genre: Health and Food
Published (Last): 11 February 2011
Pages: 230
PDF File Size: 18.66 Mb
ePub File Size: 7.26 Mb
ISBN: 364-1-36382-966-7
Downloads: 85976
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Nigor

Os BAB cair berwarna pucat, sejak 2 minggu dengan frekuensi normal. Permukaan atas hepar yang cembung melengkung di bawah kubah diafragma. Dengan ultrasonografi lumpur empedu dapat diketahui koledokoljtiasis bergerak sesuai dengan gaya gravitasi. Pada keluhan utama dari kolesistikus akut adalah nyeri perut di kuadran kanan atas, yang kadang-kadang menjalar ke belakang di daerah skapula.

Vena sentralis pada masing-masing lobules bermuara ke vena hepaticae. Dapat ditemukan dua kelainan vaskular yang menjadi karakteristik dari tumor yaitu hipervaskularisasi dari massa tumor neovaskularisasi dan trombosis akibat invasi tumor pembuluh darah.

Help Center Find new research papers in: Pada sebagian besar kasus, demam dan mengigil disertai dengan kolangitis menandakan adanya bakteriemia. Enter the email address you signed up with and we’ll email you a reset link. Bilirubin ditransportasikan melewati membran sinusoid hepatosit kedalam sitoplasma.

koledokolitiasis

Penyebab dari koledokolitiasis bisa berupa adanya batu dari kandung empedu yang bermigrasi dan menyumbat duktus koledukus atau dapat juga berasal dari pembentukan batu di duktus koledokus sendiri. Duktus empedu dibersihkan batunya dengan koledoskopikH.

Anomali yang cukup sering adalah masuknya saluran koledokolitiasia ke saluran hepatik kanan, anomali lain adalah masuknya saluran hepatik asesorius kanan yang cukup besar ke saluran sistikus. Lokasi kanula untuk kolesistektomi laparoskopi. Keluhan Utama Koledooolitiasis utama adalah keluhan yang paling dirasakan atau yang paling berat sehingga mendorong pasien datang berobat atau mencari pertolongan medis. Pemeriksaan PenunjangPada pemeriksaaan laboratorium ditemukan adanya lekositosis pada sebagian besar pasien.

  LIBRO GENEXUS PDF

Bilirubin merupakan produk pemecahan hemoglobin normal yang dihasilkan dari sel darah merah tua oleh sistem retikuloendotelial.

Obstructive jaundice in sdalah. A systematic survey 6. Sejumlah kecil vasa limfe menembus diafragma menuju LN. Pemeriksaan Fisik Keadaan Umum: DiagnosisPada anamnesis akan ditemukan keluhan nyeri perut, demam, menggigil, hingga penurunan kesadaran. Keranjang dilewati oleh beberapa saluran pada skopik dan batu dapat dilihat dibawahnyaD. Lekopeni atau trombositopenia kadang kadang dapat ditemukan, biasanya jika terjadi sepsis parah.

Koledoskopi transistik dan pemindahan batuC. Gallstone formation last long, years. Komplikasi bakteremia pada kolangitis dapat terjadi oleh karena etiologi utama penyebab terjadinya kolangitis adalah infeksi bakteri. Kolesistektomi membutuhkan anestesi umum kemudian dilakukan irisan pada bagian anterior dinding abdomen dengan panjang irisan 12 20 cm.

Peningkatan tekanan intraduktal yang terjadi menyebabkan refluks bakteri ke dalam vena hepatik dan sistem limfatik perihepatik yang menyebabkan bakterimia. Lebih dari satu abad kolesistektomi terbuka dijadikan standar untuk metode terapi pembedahan pada sistem empedu. Norton, JA, et al: We share information about your activities on the site with our partners and Google partners: Untuk kasus ini keluhan utmanya adalah nyeri hebat yang hilang timbul secara mendadak pada perut kanan atasnya dan menjalar hingga ke punggung kanan sejak 6 jam yang lalu.

Disisni terdapat beberapa kelenjar limf hepar. Infeksi pada saluran empedu intrahepatik menyebabkan kolangitis yang menimbulkan kolangiolitis dengan akibat abses multiple.

Kadang disertai mual, muntah dan demam. Riwayat pengobatanOs sudah berobat untuk keluhan yang lain, kecuali keluhan adalau. Applying a diet that does not contain a lot of saturated fat helps reduce the risk of gallstones. Tidak terlihatnya batu koledokus di USG tidak menyingkirkan koledokolitiasis.

MENGENAL PENYAKIT BATU EMPEDU | Hasanah | JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Male, 55 years old with papillary tumor. Risk factors for ERCP study of common bile duct calculi in patients related complications: Ada batuk, kadang-kadang berdahak. Laporan Kasus Jaundice Obstructive Documents. Endoscope Retrograde Cholangiopancreotography ERCP dapat lebih akurat menentukan penyebab dan avalah sumbatan serta keuntungannya juga dapat mengobati penyebab obstruksi dengan mengeluarkan batu dan melebarkan peyempitan.

  EL COSMOPOLITA DE JUAN MONTALVO PDF

Siklus enterohepatik memungkinkan reabsorbsi dan resirkulasi asam empedu primer.

Batu empedu umum dapat bersifat asimtomatik selama bertahun-tahun, boleh secara spontan lewat ke duodenum, atau paling sering dapat bermanifestasi sebagai nyeri kolik biliaris6. Rasa nyeri perut timbul tiba-tiba atau mulai secara perlahan. Dari anamnesis didapatkan bahwa pasien juga mengalami demam selama 2 minggu dan nyeri pada abdomen saat makan. Jika kandung empedu mengandung batu kecil atau lumpur, saluran sistikus diikat dengan jahitan atau klem tunggal pada tempat keluarnya dari kandung empedu, untuk mencegah batu atau lumpur masuk ke dalam saluran empedu selama diseksi.

Pembahasan Anamnesis Anamnesis yang baik merupakan tiang utama diagnosis. Pada pasien dengan pipa T pada saluran empedu dapat juga dimasukkan koledokoskop dari luar untuk membantu mengambil batu intrahepatik. Hal ini harus dijaga pada pasien yang mengalami demam beberapa hari koledokolitiaxis operasi. Selain itu, sejak 5 hari yang lalu, pasien juga mengeluh demam tinggi, tubuhnya berwarna kekuningan kolfdokolitiasis tinjanya berwarna koledokolitizsis seperti dempul.

Pemilihan awal perlindungan antibiotika koledokolitiassi harus mencerminkan bakteriologi yang diduga. Sinosoidal disamping sebagai faktor penting dalam perbaikan kerusakan hati. Lobulus tersebut mengelilingi vena sentralis dan lobulus tersebut dikelilingi oleh cabang-cabang arteri hepatica,vena porta, dan saluran empedu.